Resep Inovasi Bungasari di SIAL Interfood Expo 2016

Resep Inovasi Bungasari di SIAL Interfood Expo 2016

sial-interfood-2016

Sebelum jadi foodies, blogger atau fotografer makanan, pameran yang sering saya datangi yah sekitar computer, technology, toys , books dan sejenisnya.  Well termasuk pameran properti and wedding sebelum married sih, haha. Tapi dua tahun terakhir ini setelah dihitung-hitung ternyata saya cukup sering mengunjungi pameran yang berhubungan dengan food dan photography ;p Dan ketika SIAL Interfood Expo 2016 diadakan kembali di Jakarta International Expo, Kemayoran, Indonesia dari tgl 9-12 November, tanpa ragu saya register, haha. Btw untuk registrasi via online free alias gratis loh, tinggal print form registrasi kita atau bisa juga save di handphone, nanti pas sampai langsung datang ke tempat registrasi untuk mengambil Visitor Card. Kalau langsung datang ke sana juga bisa, tapi kamu harus bayar 150rb untuk tiket masuknya. Ada yang gratisan kenapa ngga? 😀

review-sial-interfood-expo-2016-booth-bungasari-flour-mills-baking-demo

SIAL Interfood Expo 2016 ini diselenggarakan oleh SIAL Group dan Krista Exibition, didukung oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian UKM, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, dan masih banyak lagi dari asosiasi yang bergerak di bidang industri pangan. Tahun 2016 diikuti oleh 1000 lebih Exibitors dari 27 Negara, wow!

Secara garis besar SIAL Interfood Expo 2016 ini terdiri dari, Food & Beverage Franchise Expo, Coffe, Tea & Cocoa Expo, Halal Food Expo, Asean Seafood Expo, dan Indonesian Seafood Expo. Banyak banget booth-booth yang menarik dan menawarkan berbagai macam inovasi terkini. Salah satunya adalah favorit saya 🙂

bungasari-flour-mills-booth-sial-interfood-expo-2016-jakarta

Baca juga: Baking Class bersama Bungasari Innovation Center

Sebagai pemain baru di industri food & beverage tanah air, Bungasari Flour Mills sangat totalitas dalam menampilkan inovasi produk-produknya. Dekorasi Boothnya termasuk yang paling besar dan megah, dengan terdiri dari 2 lantai. Dilantai atas merupakan Vip Area dimana bisa konsultasi dengan team dari Bungasari Flour Mills sambil ngupi-ngupi cantik. Oh iya letak booth Bungasari ada di Hall D-2 yah.

Di area bawah ada para mbak-mbak spg dengan kimono yang cantik, yang membagikan seputar informasi mengenai Bungasari dan cosplay robot Gundam yang pastinya bakal menarik banget jadi objek foto.

Di area bawah juga, kamu bisa mengikuti aneka cooking/baking demo bersama chef-chef hits yang udah ga asing lagi, seperti waktu saya datang kamis, 10 November 2016 kemarin ada Chef Achen dari Ny. Liem dan Chef Masaaki Konno (Garcon Chef Pastry – Plaza Senayan, Jakarta), disamping itu para chef Bungasari sendiri unjuk kebolehan dengan menyuguhkan beberapa hidangan, mulai dari takoyaki, cookies, mie ayam, ramen, sampai udon. Setiap harinya ada chef-chef yang mendemokan berbagai kreasi dengan menggunakan tepung terigu dari Bungasari Flour Mills.

Hari ini kebetulan saya janjian sama mbak Sefa Firdaus , fotografer kondang dan mbak Silva Sandiarini, selebgram top. 😀 Jadi kita muter-muter, jepret-jepret, selfie2, sambil nyemil bareng-bareng. Malu ditanggung bersama, haha ;p

chef-achen-ny-liem-bungasari-interfood-2016

chef-masaaki-konno-garcon-pastry-chef-jakarta-interfood-2016

Chef Achen (Ny. Liem), dibantu dengan para Chef dari Bungasari dan dipandu oleh mc kondang Tony Wahyudi mendemokan beberapa resep. Diantaranya ada resep Pisang Hijau Cake dan Pia Crispy Keju/Cokelat. Saya beruntung kebagian hasil Pia-nya, dan ueenakk banget, sekilas tekstur rasanya mirip Pia Balong dari Solo, tapi isiannya lebih padat dan gurih. Tekstur kulit pia bikinan Chef Achen ini sedikit “oily” tapi tetep crunchy. Untuk Pisang Hijau Cake-nya saya ga kebagian icip-icip ;p

cooking-demo-bersama-chef-achen-ny-liem-tepung-terigu-bungasari

chef-acen-ny-liem-baking-class

pameran-food-beverage-interfood-2016-kemayoran-jakarta

baking-demo-bungasari-interfood-2016

Cooking / Baking demo dari Bungasari Flour Mills, setiap harinya selama event SIAL Interfood 2016 ini ada 4 sesi dengan Chef yang berbeda-beda setiap harinya. Nah setelah jeda makan siang, saya dan teman-teman yang lainnya berkeliling sebentar untuk melihat booth-booth yang lain, dan ternyata luas banget jadi satu hari ga akan keubek deh kayaknya. Tampak banyak para pengunjung/visitor yang membawa koper, trolley dan lainnya, wih seru banget. Sampling food juga bertebaran loh, haha.

chef-masaaki-konno-garcon-pastry-chef

Tapi karena saya cukup penasaran dengan Chef Masaaki Konno yang merupakan Pastry Chef dari Garcon yang terletak di Plaza Senayan, maka saya pun datang kembali ke booth Bungasari. Well, rupanya hari ini Chef Masaaki Konno akan mendemokan Roll Cake Matcha dan Roll Cake Red Velvet. Sebenarnya cake, dessert, terlebih lagi matcha dan red velvet bukanlah kesukaan saya. Tadinya ngarep yg didemokan cheese stick, atau aneka pastry dengan keju melimpah, haha.

Tapi ternyata Roll Cake alias Bolu Gulung kreasi Chef Masaaki Konno ini enakkk bangett. Saya ga akan bahas tentang teknik baking atau sejenisnya. Namun taste cake-nya lembut banget, dan cream-nya itu dingin en ga bikin enek. Bareng mbak Sefa Firdaus, mbak Silva dan suaminya mas Aryo, kami cuma bisa melem merek, menikmati cake yang satu ini.

sial-interfood-expo-2016-jiexpo-kemayoran-jakarta-indonesia

baking-bersama-chef-masaaki-konno-garcon-pastry-chef-plaza-senayan

baking-demo-di-interfood-2016

Antusias pengunjung pameran baik saat Chef Achen maupun Chef Masaaki Konno sangat antusias, mulai dari memperhatikan, mencatat, bertanya, motret, record video, sampai yang antusias menjawab kuis berhadiah. Sampai-sampai susah banget buat dapet angle foto yang oke. Oh iya sedikit cerita, sebelum event ini kamera Canon 700D saya yang memang sudah di ujung hayatnya tiba-tiba bermasalah, dimana shutternya ga menutup sempurna. Alhasil setengah foto bakal terhalang shutternya, dan menganggu hasil foto dimana ga bisa mengatur pencahayaannya. Untung aja janjian ketemu mbak Ningsih yang baek banget buat datang pagi-pagi minjemin kamera-nya >.<! Makasihh banyak mbak Ning! 😀 Akhirnya saya bisa jepret2 dengan lega, menggunakan Canon 600D 🙂 Sempet ketemuan juga bareng Mbak Memez, sayang ga bisa lama2 ngobrol 🙁

Oh iya sebelum pulang saya sempat melihat sedikit aktrasi Chef Agus dari Bungasari Flour Mills Team, yang Baking demo di live stage yang luas tepat didepan Hall D-2

bungasari-flour-mills-sial-interfood

dapur-inovasi-bungasari-interfood-2016

tepung-terigu-kabuki-bungasari-flour-mills-interfood-2016

sial-interfood-food-inspire-business-2016

Kalau datang ke SIAL Interfood 2016 coba datang ke booth Bungasari deh, selain bisa liat cooking/baking demo, bisa icip-icip gratis, ikutan kuis berhadiah, beli aneka tepung terigu Bungaasari dengan paket yang menarik, atau konsultasi dengan team dari Bungasari buat yang sedang menjalankan usaha atau mau berusaha di bidang kuliner.

sial-interfood-expo-2015-jiexpo-kemayoran-jakarta-indonesia

SIAL Interfood Expo 2016 kali ini sangat megah, dan keren abis deh pokoknya. Setiap exibitior mengeluarkan produk-produk terbaiknya. Pengennya sih ngubek-ngubek empat hari, tapi apa daya deadline menunggu XD Yang pasti event seperti ini bagus banget untuk mencari informasi terbaru di industri kuliner ataupun menjalin relasi baru, hehe.

Ada yang datang empat hari berturut-turut kah? 😀


Reviewed & Photographed by Putra Agung Agustinus @agoenkz
@TheFoodXplorer , 2016

4 Comments Add Yours

  1. Memez

    Ahhh foodblogger idola aku…
    sayang ketemuannya kurang lama ya Koh 🙂

    Reply
    • The Food Xplorer

      >.

  2. Inayah

    rame bangeeet dan sarat ilmu. dan…woww…para paara foodblogger bertebaran

    Reply
    • The Food Xplorer

      iyup bener mbak 😀 seharian belum tentu keubek semuanya

Leave a comment