Dilmah Real High Tea Challenge 2015 – 1st Days

Teainspired_id---Dilmah

Hi semuanya , seperti pernah saya ceritakan beberapa waktu lalu , segala sesuatu yang berbasis kuliner pasti akan makin hits di tahun 2015 ini. Mulai dari munculnya makanan-makanan unik (Kue cubit aneka rasa, desserts unyu) , bertambah banyaknya cafe or resto baru yang hits, sampai dunia foodies yang semakin berwarna warni dengan bermunculan para pecinta jepret makanan yang bertambah banyaaakkk. πŸ˜€

Nah satu lagi juga yang makin semarak adalah berbagai kompetisi bagi para chef yang makin bervariasi. Salah satunya yang sedang berjalan saat ini adalah Real High Tea Challenge 2015 ,Β  diadakan oleh Dilmah Indonesia , untuk Cafe dan Restaurant yang ada di Indonesia.

Β afternoon-tea---Dilmah-tea-Indonesia

Real High Tea Challenge adalah sebuah event yang diadakan Dilmah setiap tahun-nya bagi para Chef di Hotel, Cafe dan Restaurant untuk berkreasi dalam mengolah berbagai macam hidangan yang diolah maupun disandingkan dengan teh dari Dilmah.

Tahun 2007 adalah awal dimulainya Dilmah Real High Tea Challenge (RHTC) dimana saat itu, Merril J. Fernando , pendiri Dilmah. merasa bahwa acara High Tea yang awalnya dirancang untuk menonjolkan teh sebagai minuman nomer dua paling disukai di dunia, mulai bergeser dari tujuan awalnya. Sebagian besar acara High Tea telah kehilangan keaslian, kreativitas dan konektivitas dengan teh itu sendiri.

Sebagai langkah untuk memperkenalkan kembali teh kepada generasi baru, Dillan C.Fernando (Putra dariΒ  Merril J. Fernando) berusaha untuk memberi nilai lebih dimana teh bukan hanya dipandang baik untuk kesehatan ataupun sekedar mempererat hubungan dengan teman/keluarga, namun teh juga dapat menawarkan kemewahan, memanjakan , dan merasakan paduan yang indah melalui seni gastronomi.

Dilmah-Tea-Indonesia---Porto-Resto---Bandung

Tahun ini Dilmah Real High Tea Challenge sudah dilangsungkan di Thailand, Singapore, United Arab Emirates, dan tentunya Srilangka sebagai negara asal teh Dilmah, hehe.

Di Indonesia , bermitra dengan PT. David Roy Indonesia ( Selaku Sole Agent Dilmah di Indonesia) , untuk pertama kalinya Dilmah Real High Tea Challenge Cafes & Restaurants akan diadakan di Jakarta dan Bandung terlebih dahulu dan menyusul kota-kota lainnya.

Untuk Juri RHTC Cafes & Restaurants Jakarta dan Bandung adalah Ibu Eliawati Erly , selaku Brand Ambassador Dilmah Indonesia sekaligus mewakili PT. David Roy Indonesia “Thank you udah di follow instagram @TheFoodXplorer yah bu, hehe :D” dan Celebrity Chef Indonesia yakni Chef Nanda.

Sebenarnya saya ingin datang ke cafe/resto yang ada di Jakarta, tapi karena sesuatu dan lain hal maka saya cuma dapat melihat keseruan Dilmah RHTC di Bandung, dan tidak semua tempat dapat mencicipi dan mengambil photonya πŸ™

Oke Cekidot langsung liputan pandangan mata dari Cafe dan Restaurants yang mengikuti Dilmah Real High Tea Challenge 2015 di Bandung yah! πŸ˜€

———————————————————

Porot-cafe-Resto---Dilmah--Bandung

PORTO – World Culinary Adventure

Porto – World Culinary Adventure ini adalah kunjungan pertama dari team Dilmah , juri, media dan food bloggers πŸ˜€ Porto bisa diartikan pelabuhan, dan restaurant satu ini pun selalu mengajak lidah para tamunya untuk menjelajahi berbagai macam hidangan dari seluruh dunia, dimana beberapa menu yang disajikan selalu berganti setiap 4 bulan sekali, menarik yah?

Porto-Bandung-Food-blog

Saya sangat suka dengan Konsep yang diberikan oleh Porto untuk kompetisi RHTC ini, mereka menampilkan tiga setting dimana masing masing setting menggambarkan perjalanan setiap manusia dalam mengarungi kehidupan-nya.

Cocotte De Saumon with Lapsang Sauchong
Cocotte De Saumon with Lapsang Sauchong

Dilmah-Real-High-tea-Challengen---Cafe-Resto---2015---Porto-Bandung

Cocotte De Saumon with Lapsang Sauchong , ini menggambarkan perjalanan pertama sebagai manusia dimana kita dilahirkan yang dipresentasikan dengan sangat manis melalui menu yang satu ini. Dengan bahan dasar salmon , telur puyuh, cripsy croutons, caviar dan kecambah πŸ˜€

Suka banget dengan yang satu ini, apalagi saati disandingkan / paired dengan Lapsang Sauchong-nya , bener-bener merasakan suatu sensasi rasa yang baru.

 

Almond Lava Cake with Peppermint Hopper
Almond Lava Cake with Peppermint Hopper

choco-lava-Dilmah-Real-Tea-Challenge---Porto-Cafe

Memasuki setting kedua dalam kehidupan kita adalah pernikahan yang dilambangkan dengan cake πŸ™‚

Almond Lava Cake ini salah satu favorit saya juga, lelehan Belgian Dark Chocolate didalamnya yang dipadukan Almond Tea dari Dilmah, berpadu sempurna dengan white chocolate dan berry saucenya yang sedikit asam. Rasa manis yang cukup menonjol langsung kita seruput si Peppermint Hopper , Liquor yang dicampur dengan Peppermint Tea dari Dilmah, hasilnya , nyummy!

Cod Impenka with Dilmah Jasmine based Canape
Cod Impenka with Dilmah Jasmine based Canape

Setting terakhir adalah masa tua, masa dimana dalam kehidupan manusia kita sudah pensiun dan menikmati nostalgia bersama keluarga tercinta.

Pertama kalinya mencicipi menu yang satu ini saat penjurian taste yg dirasakan salty banget >.<! Sebenarnya menu ini disajikan hanya bersama air putih tapi bu Erly memberi saran pada saya untuk menikmatinya dengan Lapsang Sauchong, dan benar saja langsung menetralisir rasa asin itu, wow!

Btw, waktu kunjungan saya yang kedua kalinya ke Porto ,menu ini sudah tidak terlalu asin lagi, nice Chef Erik πŸ˜€

Overall saya paling suka dengan konsep, dekorasi di Porto πŸ™‚ Dan best menunya disini bagi saya adalah Cocotte De Saumon dan Almond Lava Cake, love it!

PORTO – World Culinary Adventure

Address:Β Jalan Doktor Setiabudi No. 53, Jawa Barat 40161, Indonesia

———————————————————

Kirbs-Tea-Room---Dilmah-Real-High-Tea-Challengen-2015---Indonesia

Kirbs Tea Room & Pastry

Saya bersyukur karena melalui event Dilmah RHTC ini menemukan suatu tempat yang seumur-umur saya ke PVJ (Paris Van Java) Mall, tidak pernah sekalipun memperhatikan bahwa ternyata ada sebuah tea room disini πŸ™‚

Dilmah-Real-High-Tea-Challenge-cafe-Restaurants-Indonesia
Mad Hatters Smoothies Jasmine Tea

Karena saya pribadi bukan penikmat cake maupun desserts jadi tidak bisa berkomentar banyak tentang menu disini. Melalui bincang-bincang bersama mbak Claire , konsep Kirbs untuk RTHC ini juga sangat menarik. diambil dari Chapter 7 novel Alice in Wonderland, dimana diadakannya Mad Tea Party.

Mbak Claire juga share tentang berbagai macam teh dan asal mula High Tea itu berasal. Sedikit yang saya tangkap, tradisi Afternoon Tea atau High Tea ini yang pertama kali diperkenalkan the Duchess of Bedford , seorang wanita Bangsawan di Inggris. Dimana jaman dahulu para wanita bangsawan tidak bekerja, namun mereka ingin berkumpul sambil bersantap tapi tidak terlalu kenyang, karena suami mereka baru pulang ke rumah saat menjelang makan malam. Maka tercipta lah tradisi Afternoon tea tersebut, dimana makanan yang disantap berupa CanapΓ© , hidangan small bites yang disantap dengan sekali gigit saja dan disajikan bersama teh.

Afternoon-Tea---Dilmah-Indonesia
Lavender Grey Ice Tea

Nah sedikit pengetahuan menurut yang saya baca, High Tea sebenarnya ditujukan untuk kelas pekerja di Inggris pada waktu itu selepas bekerja dan santapannya pun lebih berat berupa roti, pies, keju atau salad dan bahkan daging, dan berbeda konsep dengan Afternoon Tea yang diadakan siang menjelang sore hari oleh para wanita bangsawan. Konon kabarnya Ritz Carlton yang mempopulerkan High Tea sebagai Afternoon Tea , dikarenakan orang-orang Amerika yang menyantap hidangan berat saat Afternoon Tea.

Satu lagi nih dinamakan High Tea karena makanan disajikan dan disantap dimeja yang tinggi ( High) sedangkan Afternoon Tea dikenal Low Tea karena tradisinya para wanita Bangsawan menikmati kopi sambil duduk dibawah, lesehan kalau orang sini bilang sih πŸ™‚

review-Dilmah-Real-High-Tea-challenge-jakarta-bandung-2015

food-blogger-bandung---dilmah-indonesia

Kembali ke Kirbs, menu menu yang disajikan disini terbagi beberapa jenis:

Savoury , Habuniku Chanpuri paired with Mad Hatters Smoothies Jasmine Tea

Sweets , Macatearon ( Almond Tea and Earl Grey Tea) , Chocolatea Cake (My fave yg satu ini ^^!) , Adagio Bourbon Tartiet paired with Lavender grey ice tea or Elegant Earl Grey Tea

Special Dish , Herbal Steamed Chicken Soup (Infused w/ Lapsang Suchong) , Almond Streussel Framboise Cup (Infused w/ Pepermint Tea)

Macaron-Kirbs-tea-room---Pvj---Real-High-Tea-Challenge-2015

Β Untuk favorit saya di sini adalah Chocolatea Cake ( Photo updated soon :p ) Konsep di Kirbs lucu apalagi dengan elemen estetis berbagai poci maupun cangkir-cangkir yang memberikan kesan tea party yang elegan πŸ™‚

Kirbs Tea Room & Pastry

Address:Β Jl. Sukajadi No. 137-139, Jawa Barat 40162, Indonesia

———————————————-

Β Javana-Bistro---Dilmah
Javana Bistro

Sayang sekali untuk tempat yang satu ini saya tidak dapat mengambil banyak gambar dan juga tidak sempat mencicipi hidangan yang dikreasikan oleh Chef dan Bartender di Javana Bistro ini. Tapi menurut salah satu juri yakni bu Erly, hidangan Ambokueh yang disajikan cukup nikmat, dan cukup membuat saya penasaran, haha.

Javana Colenak Napoleon
Javana Colenak Napoleon

So karena saya tidak mencicip sama sekali hidangan ditempat ini, jadi mohon maaf tidak dapat memberi komentar mengenai rasa maupun pairing dengan teh dari Dilmah. Dari Konsep maupun dekorasi tidak ada yang bisa saya tangkap disini. Tapi dari plating setiap hidangan, cukup menggoda untuk mencicipinya πŸ™‚

Javana Smoky Coctail with Deconstructed Kolak Pisang Panacotta
Javana Smoky Coctail with Deconstructed Kolak Pisang Panacotta

Javana Bistro

Address:Β Jl. Sukajadi 131-139, Paris Van Java G-B-58, Jawa Barat 40162, Indonesia

—————————————————————–

Next ->> Dilmah Real High Tea Challenge 2015 – 2nd Days

 

16 Replies to “Dilmah Real High Tea Challenge 2015 – 1st Days”

  1. eaaa mengundang seleraahh banget. duh gung tulisanmu itu lengkap bin mengalir enak dibacah. fotonya mantab dilihat. membuat lidah jadi pengen ngincip πŸ˜€ bandung kayaknya serius yaaaa dilmahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *