Jelajah kuliner legendaris Cikini – Jakarta

Jelajah kuliner legendaris Cikini – Jakarta

Tjikini-Jakarta---Blogger-IndonesiaSalah satu sudut Cikini – Jakarta

Keseruan jadi Food Blogger sekaligus merangkap Travel Blogger adalah hunting aneka kuliner dan tempat nginep dimana dan kapan saja 😀 . Dan Kali ini salah satu destinasi yang saya jelajahi adalah daerah Cikini, Menteng – Jakarta. Ada apa aja sih di Cikini? Yuk ikuti hunting jelajah kuliner legendaris di Cikini bareng TheFoodXplorer kali ini. 🙂

Bakmi-Godangdia-JakartaMie Ayam Godangdia

Tujuan pertama saya pagi ini adalah Mie Ayam Godangdia yang sekarang lokasinya sudah pindah ke Jalan Cikini IV No.12A , Menteng – Jakarta. Merupakan salah satu mie ayam legendaris yang sudah ada sejak taun 1968.

Bakmi-Godangdia1 porsi IDR 35k

Porsi Mie Ayam Godangdia tidak terlalu banyak, tapi cukuplah buat sarapan. Harganya masih terhitung okelah 🙂 Tekstur mie-nya tipis dan cenderung basah, diberi sawi, topping ayam yang taste-nya lebih kemanis, dan bakso yang biasa aja. Disini juga ada pangsit goreng juga seperti di tempat lain, tapi menurut saya rasanya biasa aja.

Es-Podeng-Khas-JakartaEs Podeng!!

Disini juga ada tukang Es Podeng, yang merupakan salah satu jajanan khas Jakarta, harganya saya lupa, antara IDR 10k-15k , rasanya seger, pas banget buat Jakarta yang lagi panas-panasnya, tapi overall sih tastenya manis aja, nothing special 🙂

 nasi-uduk-jakarta---godangdiaNasi Uduk Godangdia

Ga jauh dari Mie Ayam Godangdia, kita melipir ke tujuan kuliner kita selanjutnya 😀 Yup, Nasi Uduk Godangdia yang cukup terkenal ini sudah ada dari tahun 1993. Alamat lengkapnay di , dan buka dari jam 10 pagi sampai 10 malem, kalau di Bandung biasanya kan tukang nasi uduk bukanya kalau ga pagi aja, yah paling banyak malem.

Nasi-Uduk-Godangdia---Jakarta

Kuliner-legendaris-di-Jakarta

Nasi-uduk-gondangdia---Cikini---JakartaMakaann!!

Pagi-pagi pas banget belum ada yang makan disini, oh iya tempatnya sendiri cuma halaman rumah, yang ditutup seng/terpal, dan untuk area makannya seperti di kaki lima, dan imho menurut saya kurang bersih 🙁 Cukup banyak lalat nih.

Oke lanjut aja ke makanannya yah, nasi uduknya khas banget karena di bungkus dengan daun pisang, jadi cukup harum aromanya, buat saya harus ambil 2 porsi haha. Untuk Lauknya saya pilih ayam goreng-nya, yang cukup empuk. Tapi yang bikin enak banget tuh, sambelnya yang ada 2 jenis, dan tahu tempenya 😀 Untuk harga yah berkisar IDR 30k-an/porsinya

Whiz-hotel-cikini-Jakarta--TravelloWhiz Hotel Cikini, Yay!

Untuk jalan-jalan di era teknologi sekarang ini benar-benar terbantu dengan berbagai macam aplikasi dari smartphone, mulai dari urusan transport yang ga pusing karena adanya aplikasi taksi atau ojek online macem Uber, Gojek,dll ,juga  google maps atau waze yang bikin kita ga perlu kuatir nyasar, cari tempat makan via aplikasi food directory atau review food blogger/foodies lainnya di blog atau Instagram, sampai untuk pemesanan hotel yang gampang banget. Salah satunya Traveloka , dimana akhirnya saya menemukan Whiz Hotel Cikini ini dengan tarif yang oke banget. Sebagai salah satu website buat booking tiket pesawat dan juga hotel, Traveloka ada aplikasinya di Apple Store maupun Google Playstore. Pesan di sini aja kalau kamu bingung pilih hotel atau tiket pesawat. Untuk next hunting kayaknya saya bakal ke Travello Hotel Bandung nih , karena promonya di Traveloka cukup menarik guys. Travello Hotel Bandung kabarnya juga termasuk hotel baru, jadi pasti semuanya masih kinyis-kinyis 😀 Sudah coba Traveloka blum?

Whiz-Hotel-Cikini-Jakarta---Travello-Hotel-JakartaMy room 😉

Karena ada salah miskom sama receptionist alhasil saya dapatnya 2 single bed / twin bed dan bukan double bed XD yah sudah lah, untuk review Whiz Hotel Cikini lengkapnya ditunggu aja yah. Yang pasti untuk kisaran IDR 400-500k/mlm recomended banget deh. Dari sini bisa langsung ke Menteng Huis, salah satu area belanja legendaris di Jakarta yang sekarang udah turun pamornya.

Jalan-jalan-di-Cikini-Jakarta---TravelokaJalan Cikini Raya

Travello-Hotel-BandungMalem hari

Traveloka

Area Cikini termasuk daerah di Menteng, Jakarta dimana kita masih bisa menemukan bangunan-bangunan tua, yang beberapa berubah fungsi menjadi tempat makan ataupun tempat usaha. Buat cari makan disini ga akan sulit lah pastinya 🙂

Ketoprak-Jakarta---cikiniMy fave!

Sebagai orang yang lahir di Jakarta, walau besar di Bandung, Ketoprak Jakarta merupakan salah satu menu wajib buat sarapan. Di Sepanjang jalan Cikini sayangnya tidak banyak dijumpai tukan ketoprak ini, ada satu yang berhasil saya temui yang terletak di dekat 7Eleven Cikini. Sayang-nya Ketopraknya biasa aja 🙁 , favorit saya tetap Ketoprak di Jl. Blora.

Mie-Ayam-Jakarta---Travel-Blogger-Indonesiaoemji!

Mie-Ayam-paling-enak-di-Jakarta---CikiniMie Ayam Jekardah!

Karena perut masih demo belum terisi penuh, akhirnya sekalian aja kita jalan kaki menyusuri jalan Cikini Raya ini. Setelah melewati Taman Ismail Marzuki, makan ketoprak dekat 7Eleven, sampailah saya di sebuah ruko-ruko tua yang ternyata di pinggirnya ada beberapa penjual kaki lima, mulai dari mie ayam, pempek, pisang goreng, nasi campur, dan lain-lain. Pilihan saya tentu saja mie ayam donk.

Mie Ayam-nya murah banget, saya lupa harganya antara IDR 12k atau 15k, tapi porsi-nya super, topping daging ayamnya sampai tumpe-tumpe, mienya cukup kenyal, pangsit gorengnya oke lah, kuah ,saos tomat, dan sambalnya nikmat banget. Btw foto mie ayam ini tempo hari nembus 1,5k like di instagram @TheFoodXplorer loh ,haha.

Best-Budget-Hotel-in-AsiaNext Hotel!

Hotel-for-Budget-TravellerOld Batavia Capsule Hotel

Untuk hotel yang satu ini bisa kamu pesan juga di Traveloka loh 🙂 Untuk reviewnya bisa baca disini yah Capsule Hotel Old Batavia – Jakarta (Indonesia), pokoknya buat yang pengen nyoba capsule hotel terbaik di Jakarta. Atau suka backapackeran dan pengen ketemu dengan traveller dari seluruh dunia buat ngobrol bisa banget disini 🙂 Tarif permalamnya terhitung murah loh, check aja langsung di Traveloka yah.

Capsule-Hote-Old-Batavia

Kamar-Budget-Hotel

Best-Capsule-Hotel

Capsule-Hotel-in-Asia

Nah keren kan hotelnya, selain dorm ada juga private room-nya, jelasnya sih check langsung melalui Traveloka yah 🙂

 Gado-Gado-Bon-Bin-JakartaGado-Gado Legend!!!

Salah satu kenapa saya pilih hotel daerah sini adalah karena deket banget dengan Gado-Gado Bonbin yang terkenal banget itu loh. Terletak di Jalan Cikini IV No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, buka mulai jam 10 pagi, dan udah banyak yang ngantri dari sebelum buka loh, termasuk saya 😀 haha.

Wisata-kuliner-jadul-jakarta

Es-TehSegerrr banget.

Gado-Gado-Bonbin---Cikini---Jakarta---Kuliner-LegendarisIni enak banget!

Well disini kita juga bisa menemukan menu lainnya seperti Mie Ayam Baso, Lontong Cap Go Meh , Asinan , Soto , Sampai Es Shanghai. Harga Gado-gado satu porsinya dengan Lontong sekitar IDR 25k/28k ? . Satu yang saya suka dari Gado-gado Jakarta sebenarnya kerupuk merahnya itu loh, tapi disini ternyata dikasihnya kerupuk udang/ikan plus tetap ada emping. Nah yang special disini selain bahan-bahannya yang fresh adalah kacang yang dipake, lembut, manis dan gurihnya pas, ga ada rasa pait dan enak banget ?

Mie-Ayam-BonBinMie Ayam Bonbin

Menu yang satu ini direkomendasi sama salah satu driver Uber saya yang ternyata suka makan juga hehe 🙂 Dan ini juga enak banget. Satu porsi Mie Ayam dan Baso ini , porsinya tidak terlalu banyak, dan kita diberi tambahan kuah yang gurih banget.
Untuk basonya standard aja, nothing special, tapi begitu mencicipi mie-nya , omg ? mienya enak banget , rasa gurih keluar dari mienya yang ukurannya tipis itu. Dan topping ayamnya pas porsinya dengan sedikit rasa manis bisa kita rasain.

Es-Kelapa-Muda

Didepan Gado-Gado Bonbin ada bapak-bapak yang lagi nyiapin kelapa muda, duh seger banget yak.

 Japanese-Restaurant-KikugawaFirst Japanese Restaurant in Jakarta!

Kalau kita terus menyusuri jalan Cikini IV ini akan sampai di sebuah restoran Jepang yang ternyata merupakan restoran Jepang pertama di Jakarta, bahkan di Indonesia, katanya sih dari tahun 1969. Yuk kita cobain 🙂

Kiku-set---KikugawaUme Set IDR 114k

Restoran-Salmon-Jakarta

Nigiri-Salmon-Sushi---Kikugawa---Cikini---Jakarta

Restoran-Jepang-Pertama-di-Jakarta---Indonesia---Kikugawa

Kikugawa---Japanese-Resto---Cikini---Jakarta

Ini adalah menu Ume Set IDR 114k, yang terdiri dari Sukiyaki, Nigiri Salmon, Sashimi , Tempura , Yakitori , dan Miso Soup. Saya suka banget dengan Sukiyakinya terutama kuahnya yang sedap , demikian juga denga miso soupnya. Untuk Nigiri dan Sashimi Salmonnya oke, tempuranya terdiri dari 2 prawn, sweet potatoes, terong dan satu lagi lupa ??? , Yakitorinya dapat 2 tusuk , dagingnya empuk , sausnya sedikit asin bagi saya. Setelah selesai makan diberi compliment buah 🙂

Oh iya lokasinya juga berdekatan dengan Nasi Uduk Godangdia dan Mie Ayam Godangdia sebenarnya loh, hehe.

Indonesian-Travel-Blogger---Travello

Kalau kamu liat bangunan ini, berarti kamu bakal nemuin Pikachu , eh maksudnya Kikugawa dan jalan tembusan ke Nasi Uduk dan Mie Ayam Godangdia.

Soto-H-Maruf---Cikini-Jakarta---Taman-Ismail-Marzuki

Ga sah kalau hunting kuliner di Jakarta ga nyicip Soto khas Betawi (*Oh no colesterol 🙁 ) Di Cikini, Menteng ada satu yang cukup terkenal , yakni Soto Betawi H. Ma’ruf, lokasinya ada di Jl. Gondangdia Lama No. 36, Menteng, Jakarta dan Taman Ismail Marzuki.

Soto-Betawi-H.-Mahruf---Jakarta

Menurut saya rasa soto-nya kurang sedap sih, kalau dagingnya lumayan sih, walau ga empuk-empuk banget juga 🙂

Hostel-di-JakartaNasi Goyengg!! :p

Es-Dawet-Jakarta---Food-Blogger-IndonesiaEs Dawet Ayu 😀

Texas-Chicken-Cikini-JakartaPaling favorit nih!

Sebenarnya banyak banget kuliner legendaris lainnya di daerah ini, mulai bubur ayam cikini, gado-gado cikini (ini lokasinya sebelah Gado Gado Bonbin , hehe) , toko roti jadul yang sekarang udah tutup :(, dan beberapa tempat makan lainnya. Tapi karena saya ngiler dengan beberapa jajanan dan makanan lainnya, jadi next time kita hunting lagi yah 😀 Cari tiket promo lagi ah di Traveloka.

Oh iya ada usulan daerah kamu yang oke buat dikunjungi team TheFoodXplorer? Tulis di comment yah, atau email juga boleh banget. Jangan lupa follow @TheFoodXplorer di Instagram 🙂 See ya!

bajaj---Jakarta---TheFoodXplorerKsatria Baja Hitam Bio! XD


Reviewed by Putra Agung @agoenkz – www.TheFoodXplorer.com

5 Replies to “Jelajah kuliner legendaris Cikini – Jakarta”

  1. Rancana saya yang belum juga kesampaian. Menginap di daerah Cikini dan hunting kuliner legendaris di sana. Sebetulnya kalau dari rumah mertua, gak terlalu jauh ke Cikini. Tapi, kalau gak langsung menginap di Cikini kayaknya suka malas jalannya 😀

    1. Ayo mbak 😀 Cikini salah satu suduh kota Jakarta yang enak buat di jelajahi 🙂 Ada bbrp hotel budget yang kualitasnya oke, seperti di Old Capsule Batavia atau Whiz Hotel Cikini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange