Nikmatnya Rendang Khas Solok

Warung-Nasi-Padang-Saraso---Bandung

Siapa yang suka makan West Sumatran caramelized beef curry? Haha, Rendang maksudnya 😀 . Sebagai salah satu masakan khas Nusantara, rendang mudah kita temui dimana-mana. Coba lihat saja, hampir diseluruh kota di Indonesia terdapat rumah makan Padang. Sebenarnya sih kedai atau rumah makan yang menyediakan menu-menu seperti rendang , dendeng / telur balado, ayam pop, gulai kepala ikan tidak hanya berasal dari Padang semuanya, ada yang dari Solok , Padang Pariaman, Bukit Tinggi, dan Payakumbuh. Lebih tepatnya sih disebut masakan khas Minangkabau (Sumater Barat), tapi yah memang sudah banyak orang tahunya kalau rendang itu yah identik dengan masakan Padang , hehe.

Warung-nasi-padang-bandung

Rumah-makan-Padang-Bandung---TheFoodXplorer

Kedai maupun rumah makan Minang di Indonesia buanyaak banget, mulai dari yang konsepnya kaki lima di kedai atau warung nasi, maupun yang sudah menjadi restoran besar. Kali ini saya sedang menjelajah di salah satu kawasan pusat kota Bandung, yakni di daerah Kebon Kalapa. Disini kabarnya ada sebuah kedai nasi Padang yang terkenal dengan rendang-nya yang berbeda dari tempat lain. Kedai Nasi Saraso , namanya 🙂 walaupun tertulisnya masakan Padang, namun disini menu-menu yang disajikan berasal dari daerah Solok, penasaran bedanya? Yukk kita cobain 🙂

Warung-nasi-Saraso---Bandung

Kedai masakan ini sudah ada sejak tahun 1980 loh! Lokasinya memang agak susah dijangkau, patokannya sih kalau dari arah jl. Terusan Pasirkoja lurus terus kearah Kebon Kalapa, dan setelah melewati perempatan Jl. Otoiskandardinata belok kiri ke Gg. Ijan. Tempatnya warung tenda biasa seperti kaki lima pada umumnya, tidak terlalu besar, dan mungkin hanya muat sekitar 5-10 orang ;p Saat jam makan siang pasti penuh sekali, dan rata-rata sebagian besar membeli untuk dibawa pulang.

Rendang-Padang-Saraso--Gg.-Ijan---Kebon-Kalapa---BandungSeperti tempat makan masakan Padang pada umumnya, kita akan dibuat sangat kebingungan untuk memilih aneka menu yang sudah disajikan. Favorit di tempat ini sih Rendang , Gulai Cincang, Telur Dadar , Ikan Asam Padeh , dan masih banyak lagi. Untuk beberapa menu kadang hanya tersedia dihari-hari tertentu. Nah pesanan saya adalah Rendang khas Solok ,tempe goreng dan kerupuk, plus tambahan  sayur nangka, kerupuk dan sambal hijau.

warung-padang-saraso---bandung

Rendang khas Solok ini berbeda dari rendang Padang pada umumnya, yang palin terasa adalah penggunaan rempah-rempah yang minim, jadi aromanya tidak terlalu kuat, beberapa orang kan kurang suka masakan Padang karena aromanya yang menyengat, nah rendang di kedai makan Saraso ini juga pas rasanya saat disantap, bumbunya tidak over jadi daging sapinya tetap dapat kita nikmati, tingkat keempukannya juga pas walaupun bukan yang terempuk yang pernah saya coba, tidak keras, tapi tidak mudah hancur juga. Nice!

Rendang-Padang-Bandung

Untuk tempe goreng-nya saya suka banget, walaupun kata teman saya terlalu berminyak. Kalau saya pribadi sih lebih suka tempe goreng yang tidak terlalu garing digorengnya, nah tempe goreng di sini, tebalnya pas juga, tidak ketipisan, dan tidak terlalu tebal.

Masakan-Padang---Bandung---TehFoodXplorer

Sebagai pelengkap masakan minang tentu ga bisa melupakan sayur nangka mudanya, wah yang inipun cocok sama lidah saya, rasanya enak walaupun hanya dimakan dengan nasi hangat. Untuk sambal hijau-nya saya merasakan kurang terasa pedasnya 😀 Untuk porsi makan ditempat cukup standard kok, pasti dijamin kenyang, ga sampai kekenyangan. Tapi kalau mau kenyang dibawa pulang aja deh, hehe biasanya kalau dibawa pulang, masakan Padang kan lebih banyak, hehe.

Untuk harga menu-menu disini murah , rata-rata harganya mulai dari IDR 1k s/d 11k  , oh iya menyediakan paket catering juga loh dan ada delivery servicenya juga. Rendang di Kedai Makan Saraso pun sudah menginjakkan kaki sampai ke luar negeri loh, biasanya menjadi oleh-oleh buat kerabat yang kangen dengan masakan khas Solok/Padang ini.

Verdict

Taste :  8.0 – Interior : 5.0 – Hygiene : 6.0 – Service : 7.0 – Value for money : 8.0

Btw, jangan lupa follow TheFoodXplorer yah :D

Instagram.com/thefoodxplorer

twitter.com/thefoodxplorer

————————————————

Kedai Saraso
Gg. Ijan (Kebon Kalapa) Bandung

Telephone : (022) 92694477
Pin BB      : 7DC40319
YM           : kedaisaraso
Email        : occashopa@gmail.com

4 Replies to “Nikmatnya Rendang Khas Solok”

Leave a Reply to agoenkz Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *