ASUS Zenbook 13 UX331UAL – Mobilitas Tanpa Batas

Mobilitas Tanpa Batas bareng ASUS Zenbook 13 UX331UAL

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

Kamera DSLR? Cek, kamera cadangan? Cek, Lensa 24-70, lensa 100mm, lensa 50mm? Oke, dua
speedlight? Siap. Baterai cadangan kamera+flash? Cek juga. Powerbank, charger, clamp, reflector, diffuser, tripod, stand lighting, aneka props? Sippo udah lengkap nih. Hmm.. satu lagi nih, perlu dibawa ga yah? Ah ga usah deh, bikin tambah berat badan aja, eh berat bawaan.

Demikianlah kegalauan setiap kali saya berpergian, entah memang untuk urusan kerjaan atau sekedar jalan-jajan keceh -> receh (Baca: Backpackeran). Dan iyes tuh laptop-laptop yang saya punya hampir udah ga pernah dibawa lagi. Yang satu karena bobot-nya yang berat, bongsor, which is makan blank space (Kata anak Jaksel fans-nya mbak Taylor Swift)

Laptop kedua ga bisa dibawa juga karena teknologinya yang sudah usang, bahkan bila disandingkan dengan smartphone dikisaran 1 jutaan ;p, Beratnya sih ringan, tapi kalau mau nulis blog dari mulai pencet tombol on sampai bisa dipakai tuh lama banget nunggunya, bisa ditinggal bikin mie instan, bikin kopi, jajan bakso, jemur pakaian, ngobrol di facebook, posting instagram,  menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu membereskan tempat tidur ku, la la la. Dan voila, ngehang di desktop dan harus direstart lagi, aaargh!

Tukang Foto Makanan yang Suka Jalan-Jajan

Awal-awal dulu jadi food and travel blogger di tahun 2008, senjata utama-nya hanya smartphone dengan resolusi rendah atau pocket kamera 6MP plus sebuah laptop mungil, unyu-unyu, ringan yang dulu dikenal dengan sebutan netbook (Sempat diproyeksikan bakal laris dan menjadi primadona di masa depan), yang sayangnya karena spesifikasinya yang rendah banget, jadi hampir ga bisa ngapa-ngapain.

Saat mulai makin serius di dunia Blogger dan Igers baru deh kenalan dengan dunia fotografi dengan invest sebuah kamera DSLR. Hingga akhirnya sekarang jadi Tukang Foto Makanan Bayaran (Bahasa keren-nya: Professional Food Photographer), yang sudah tentu makin bertambahlah alat-alat untuk keperluan photoshoot.

So sudah pasti tiap kerja keluar kota/negeri entah itu untuk keperluan commercial atau sekedar review jalan-jajan, saya lebih mengutamakan perlengkapan kamera saya, dibanding barang lain, terlebih si dua laptop itu tadi. Alhasil banyak kerjaan yang harusnya bisa dikerjakan lebih cepat, maka harus menunggu dibawa pulang ke studio di Korea* agar dapat diproses. (*Korea atau Kopo Area adalah sebuah daerah di perbatasan Kota dan Kabupaten Bandung, yang terkenal dengan kemacetannya.)

Keinginan saya untuk sebuah laptop idaman sih ga susah-susah amat. Asalkan laptop itu lancar dipakai mengedit foto di Adobe Lightroom, enak dipake bikin illustrasi di sotosop, illustrator atau manga studio, bisa render video di premiere ga patah-patah pas preview-nya, nonton yutub lancar jaya, ngeblog nyaman, keypad-nya enak dibuat ngetik, desainnya cakep, beratnya ringan, kalau kesenggol, jatuh, terus keinjek ga bikin deg-degan tiap liat kamu.

Well tapi ga gampang buat cari laptop idaman versi saya itu sih. Hingga muncullah sebuah judul yang click bait banget di rekomendasi youtube saya –>> PERCOBAAN MENGHANCURKAN LAPTOP! (FEAT. RIDWAN HANIF)  di channelnya Raditya Dika. Selama ini memang saya cukup suka dengan review-reviewnya Ridwan Hanif soal dunia otomotif, eh tapi ini kok bahas laptop? Judulnya menantang pula, haha. Ternyata videonya beneran loh sodara-sodara, sebuah laptop ASUS keluaran terbaru (ASUS Zenbook 13 UX331UAL) diinjek-injek, dipake maen kasti, sampai dilindes motor. Dan doi tetep “tabah” (Baca: Kuat)

 

ASUS ZenBook 13 UX331UAL

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

ASUS Indonesia merilis laptop ASUS ZenBook 13 UX331UAL pada Juli 2018 yang lalu, berbarengan dengan UX331UN. Seri ZenBook dari Asus ini sudah terkenal dengan ciri khasnya sebagai laptop kelas premium yang memiliki desain elegan, bertenaga, serta body yang tipis dan sangat ringan.

Dan salah satu yang paling menarik buat saya adalah ASUS ZenBook 13 UX331UAL ini memenuhi standard military-grade MIL-STD 810G. Merupakan sebuah metodologi pengujian di Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk peralatan milter maupun komersial yang dianggup tangguh. Ada sekitar 29 tes pengujian, mulai dari tes temperatur, guncangan, radiasi/panas matahari, kelembaban, dan lain-lain.

  • Military Grade

ASUS Zenbook 13 UX331UALBuat saya pribadi barang-barang dengan tag Military Grade itu wajib masuk wishlist belanja. Jadi ga usah kuatir laptop kebanting, keinjek atau kelempar ga sengaja dari meja suatu cafe, gara-gara kesandung kabel chargernya (Pengalaman pribadi*) Eh tapi biasanya produk-produk dengan kata-kata Military Grade itu identik dengan desain yang bongsor, makan tempat, dan pastinya berat banget. Contohnya casing smartphone saya yang memang kuat banget dilempar, dibanting, tapi berasa kaya mengantungi batu bata di saku celana.

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

Nah tapi ASUS ZenBook 13 UX331UA tetap ringan loh, seperti yang saya bilang sebelumnya. Bobotnya hanya 985 gram. Whaatt? Bahkan ga nyampe satu kilo loh. Tebalnya pun hanya 13.9mm Pemakaian material magnesium aluminium alloy adalah kuncinya, laptop ini ringan namun tetep strong, jadi udah ga jaman lagi berpkirir barang-barang yang kuat dan bagus itu musti berat juga.

Untuk spesifikasi udah cukup mumpuni untuk daily user buat fotografer or blogger kayak saya ini. Dengan dapur pacu-nya adalah Intel® Core™ i5 8250U Processor  sebuah prosesor generasi terbaru Intel Core i 8th Gen U-Series “Kaby Lake-R”, RAM 8GB LPDDR3 2133 MHz, pengolah grafis Integrated Intel UHD Graphics 620, dan sudah menggunakan SSD untuk penyimpan data dan sistem operasinya. Dijual dengan kisaran harga 14jtan dengan dua pilihan (256GB atau 512GB SATA 3.0 M.2 SSD )

Laptop Idaman Fotografer dan Blogger

Memilih laptop Idaman sebenernya ga berbeda saat emak si Juki mencari mantu idaman untuk anak kesayangnnya ‘ntu. Ada tiga hal yang utama yakni Bobot, Bibit, dan Bebet-nya.

1. Bobot

ASUS Zenbook 13

Bobot artinya secara kualitas diri, baik secara lahir maupun batin. Biasanya yang dilihat adalah fisiknya, punya inner beauty, ulet (rajin dan siap bekerja keras).  Melihat spek dari ASUS ZenBook 13 UX331UAL kita langsung sepakat mengiyakan bahwa laptop ini sanggup bekerja kerasa buat teman-teman fotografer, blogger, igers, dan influencers lainnya mengerjakan deadline demi deadline. Ga usah kuatir menjalankan program-program berat dengan multitasking berkat Intel® Core™ i5 dan kapasitas RAM 8GB-nya. Booting windows dan akses program bakal ngebut banget karena sudah memiliki SSD M2, SSD M2 ini lebih cepat 3x daripada SSD Sata, dimana SSD sata sendiri saat ini sudah 5x lebih cepat dari HDD 😀

Dengan Baterai lithium-polymer 50Wh, laptop ini sanggup bekerja non-stop selama 15 jam, 3x lebih lama dari laptop pada umumnya. Jadi kalau pas kena giliran rutin mati lampu dari PLN selama 2-4 jam udah ga usah risau lagi kan.

Untuk teman-teman content creator yang lebih sering edit video buat Youtube atau yang hobi maen game HD saya bakal menganjurkan untuk memilih saudaranya ASUS ZenBook 13 UX331UN, yang sudah memiliki NVIDIA GeForce MX150 , with 2GB GDDR5 VRAM. Tapi untuk keperluan sehari-hari Integrated Intel UHD Graphics 620, pengolah grafis milik ZenBook 13 UX331UAL sudah cukup banget.

 

2. Bibit

ASUS Zenbook 13

Bibit artinya adalah asal usul atau garis keturunan, saat Emak Juki mengetahui bahwa calon-nya berdarah biru, dan mempunyai prestasi penghargaan di berbagai ajang kompetisi menyanyi tingkat RT/RW, maka akan ada perasaaan tenang karena sudah tau riwayat keturunannya.

Siapa sih yang ga tau nama besar ASUS, sebuah perusahaan teknologi yang sudah sangat terkenal dengan berbagai inovasinya dalam berbagai lini produk. Kalau saya sih dari dulu sudah menggunakan perlengkapan komputer dari ASUS, karena daya tahan dan layanan purna jualnya yang sudah sangat teruji.

Disamping memiliki daya tahan yang luar biasa ASUS ZenBook 13 UX331UAL ini juga memiliki garansi resmi selama 2 tahun. Jadi hati ini bisa tenang kan.

3. Bebet

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

Bebet dilihat dari tampilan fisiknya, cara berpakaian menunjukkan status sosial-nya. Dan siapapun yang melihat ZenBook 13 UX331UAL akan setuju dengan saya, kalau desain laptop ini layak menjadi peserta PanSos alias Panjat Sosial tahun ini. Sudah bodynya tipis aduhai (13.9mm), beratnya yang cuma 985 gram akan membuat beban hidup terasa ringan (Well, setidaknya di tas ransel saya). Ditambah bentang layar 13.3″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC With ASUS Splendid With WideView Technology. Memandangi tumpukan chiabatta sandwich dengan topping smoked salmon, mayo sauce, lettuce, honey sauce hasil photoshoot di layar monitornya yang sudah Full HD bakal langsung bikin laper.

ASUS Zenbook 13 UX331UAL

Pilihan warna-nya juga cakep banget ada Deep Dive Blue dan Rose Gold. Untuk urusan audio ga perlu diragukan lagi sudah tertanam Built-in 1 W Stereo Speakers with Array Microphone – Harman Kardon. Nama besar Harman Kardon sudah merupakan sebuah jaminan mutu untuk reproduksi kualitas audio yang sangat baik.

Satu fitur lagi yang jarang kita temui pada laptop lainnya, tapi hadir di ZenBook 13 UX331UAL ini adalah sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows Hello. So ga perlu ribet ketik password lagi, atau malah lupa password gara-gara bikin yang sulit gara-gara ketakutan diakses sama temen kantor yang jail.

Jangan lupakan juga hadirnya Cortana , asisten virtual pribadi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan di Windows, mulai dari membuka file, menjalankan musik, mencari informasi di internet, sebagai reminder atau sekedar diajak ngobrol, kalau kamu lagi kesepian, eaaa.

 

Mobilitas Tanpa Batas

Saya selalu ingat quote dari Matt Mullenweg, pendiri WordPress (Yang saat ini hampi sebagian besar blogger menggunakan platform yang satu ini untuk menulis),

“Technology is best when it brings people together”

Yup, banyak hal terjadi saat saya mulai menggunakan berbagai teknologi. Dari sebuah kamera saya bisa memasuki dunia fotografi dan berkenalan dengan begitu banyak orang hebat, dan sayapun bisa mengajarkan tentang dunia itu kepada orang-orang lain-nya. Dengan sebuah laptop saya pernah berbagi ilmu mengenai desain dan dunia blog untuk teman-teman yang baru memasuki dunia ini. Dengan berbagai platform media sosial saya dan anda bisa berbagi tentang hal baik yang kita punyai saat ini kapanpun, dimanapun dengan siapa saja.

Teknologi hadir diciptakan untuk menyatukan kita semua, dan dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh ASUS ZenBook 13 UX331UAL, setiap orang termasuk saya dan anda akan menjadi pribadi yang lebih produktif, bermobilitas tinggi, tangguh, dan pastinya keren 😀

Food Photographer Indonesia

 

2 Replies to “ASUS Zenbook 13 UX331UAL – Mobilitas Tanpa Batas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *